Selamat datang di Baby-C, kami menyediakan perlengkapan bayi baru lahir, seperti baju bayi baru lahir, perlengkapan tidur bayi, paket perlengkapan bayi baru lahir (gift box), dan perlengkapan bayi lucu lainya.
News

Botol Susu

1 Mei 2012

Botol susu adalah perlengkapan bayi baru lahir yang tidak dapat dilepaskan setelah bayi melewati masa ASI eksklusif. Botol susu dapat digunakan baik dalam memberikan ASI yang telah diperah atau susu formula. Ada berbagai macam ukuran dan fungsi botol susu yang beredar di pasaran. Sebaiknya ibu tidak asal-asalan memilih botol susu karena beranggapan hanya botol susu yang berfungsi sebagai alat bantu dalam memberikan susu kepada bayi baru lahir. Banyak faktor yang perlu diperlukan dalam memilih botol susu, diantaranya bahan material, ukuran dan kebersihan botol susu.

Botol susu memiliki ukuran dot yang berbeda untuk setiap tahapan bayi yang disesuaikan dengan ukuran mulut bayi. Pada saat bayi berumur 0-3 bulan menggunakan ukuran botol susu S, umur bayi 4-7 bulan menggunakan ukuran botol susu M, dan umur bayi 7 bulan keatas menggunakan ukuran L. Ukuran dot dan botol susu akan berpengaruh pada daya hisap bayi terhadap susu. Jika bayi yang berumur 0-3 bulan menggunakan botol susu ukuran M bahkan L akan mengakibatkan bayi tersedak, karena dot yang berukuran M memiliki lubang yang lebih besar daripada yang berukuran S, sehingga susu mengalir lebih banyak daripada kemampuan hisap bayi yang baru berumur 3 bulan.

Botol susu harus terbuat dari bahan yang aman bagi bayi. Ada beberapa jenis material yang perlu diperhatikan pada perlengkapan bayi baru lahir ini, karena jika tergiur dengan harga murah dan salah memilih akan berakibat fatal pada kesehatan bayi. Bahan botol susu yang aman adalah jenis PP atau Polypropylene. Bahan jenis ini sangat aman dan sangat dianjurkan dalam perlengkapan makan bayi. Sedangkan diluar jenis ini seperti misalnya PET atau Polyethylene, HDPE atau High Density Polyethylene, PVC atau Polyvinyl Chloride adalah jenis plastic yang digunakan sebagai kemasan makanan yang hanya digunakan sekali pakai dan tidak boleh terkena air panas karena akan merubah bahan kimia yang terkandung didalamnya menjadi kanker atau penyakit lain yang mengganggu system perkembangan bayi.

Botol susu bayi wajib dibersihkan saat akan digunakan dan setelah digunakan. Botol susu dan dot yang tidak dijaga kebersihannya menjadi menjadi jalan masuk kuman ke dalam tubuh bayi. Membersihkan botol susu dapat dilakukan dengan cara manual atau menggunakan alat sterilisasi, yang keduanya memiliki cara kerja yang sama, yaitu menggunakan air panas untuk membunuh kuman. Air panas akan bereaksi langsung terhadap bahan dasar dari botol susu tersebut. Jika bahan dasar pembuat botol susu diluar dari bahan PP atau Polypropylene, maka akan memiliki kemungkinan zat yang terkandung dalam botol susu akan larut dalam air panas dan terminum oleh bayi. Botol susu yang aman adalah botol susu BPA free atau Bisphenol A, yaitu bahan kimia pembuat plastic yang biasa digunakan dalam pembuatan kemasan plastic makanan. Sedangkan pada dot yang berbahan karet, juga perlu mendapatkan perhatian khusus, karena dot yang berbahan karet lebih mudah rusak  dan cepat berjamur dibandingkan dengan dot yang berbahan silicon. Akan tetapi jika dilihat dari sisi kenyamanan hisap bayi, dot berbahan karet akan menjadi favorit karena kelenturannya membuat bayi tidaka perlu mengeluarkan tenaga dalam menghisap susu.

Ibu harus jeli dalam memilih material yang berhubungan dengan perlengkapan bayi baru lahir mengingat efek panjang yang akan dirasakan oleh bayi.

 

 

 



Baca juga
  » 24 September 2013
RESI PENGIRIMAN
Thank U for my lovely customer, We'll wait for ur comeback :)

  » 16 April 2013
Bedong Bayi
Mitos mengenai bedong bayi ini pun banyak berkembang di antara ibu-ibu yang melahirkan jaman sekarang. Bahkan banyak ibu muda yang meninggalkan bedong bayi ini. Berikut ini adalah fakta yang dikumpulkan mengenai bedong bayi.

  » 19 Maret 2013
Bahasa Bayi
Bahasa bayi adalah alat komunikasi yang digunakan bayi melalui ekspresi wajah, lidah dan mata untuk memberitahukan kepada ibunya melalui apa yang dirasa.

  » 6 Maret 2013
Teether
Teether dapat merangsang pertumbuhan gigi dan juga merangsang kemampuan motorik halus bayi seperti kemampuan bicara bayi.

  » 18 Februari 2013
Dot Bayi
Pro dan kontra penggunaan dot bayi yang dapat memberikan ketenangan tidur bayi tetapi juga dapat berakibat pada kemampuan verbal bayi.