Selamat datang di Baby-C, kami menyediakan perlengkapan bayi baru lahir, seperti baju bayi baru lahir, perlengkapan tidur bayi, paket perlengkapan bayi baru lahir (gift box), dan perlengkapan bayi lucu lainya.
News

Perlengkapan Bayi Baru Lahir : Memilih Popok Bayi

29 Maret 2012

Perlengkapan bayi baru lahir : Popok bayi

Perlengkapan bayi baru lahir berupa popok bayi merupakan hal terpenting yang tidak dapat lepas dari kehidupan bayi baru lahir.  Siapkan anggaran lebih untuk membeli popok bayi atau baby diaper ini, karena menurut survey, bayi baru lahir biasa menggunakan 8-12 popok setiap hari. Akan tetapi jangan khawatir dengan besarnya anggaran yang harus dikeluarkan. Dengan mengetahui keuntungan dan kekurangan dari tipe-tipe popok bayi baru lahir, akan sangat membantu ibu dalam mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir terutama dalam menentukan tipe popok bayi yang sesuai dengan bayi baru lahir.


Dilihat dari bahan material popok bayi, dapat dibedakan menjadi popok bayi kain dan popok bayi disposable. Popok bayi kain adalah popok yang terbuat dari bahan katun yang berbentuk persegi panjang yang kemudian disisipkan ke dalam celana khusus yang kemudian dikaitkan. Sedangkan popok disposible adalah popok buatan pabrik, yang hanya dapat digunakan sekali pakai. Perlengkapan bayi baru lahir berupa popok kain bayi ini memiliki banyak keuntungan dari segi penghematan anggaran. Karena popok bayi kain ini dapat dicuci dan digunakan berkali-kali.  Selain itu dapat menyelamatkan lingkungan dengan mengurangi sampah popok disposable. Sedangkan popok bayi disposable dipilih karena kemudahannya dalam penggunaan dan efisiensi waktu, karena popok bayi disposable ini hanya sekali pakai dan langsung dibuang.  Dengan menggunakan popok bayi kain, ibu dapat menghemat ratusan ribu per bulannya dibandingkan dengan popok bayi disposable, dimana per bulan nya ibu harus membeli 3 lusin popok bayi disposable untuk 3 hari dibandingkan dengan popok bayi kain yang hanya memerlukan sekitar 3 lusin untuk penggunaan beberapa bulan kedepan. Ibu akan melihat perbedaannya penghematan anggaran untuk perlengkapan bayi baru lahir ini.


Perlengkapan bayi baru lahir, baik  berupa popok bayi kain maupun popok bayi disposable dapat digunakan sesuai dengan kondisi. Misalnya menggunakan popok bayi kain saat berada dirumah dan menggunakan popok bayi disposable saat bepergian. Dengan menggabungkan dua hal ini, ibu dapat merasakan manfaat dari kedua tipe popok bayi ini. Akan tetapi, menggunakan popok bayi disposable ini perlu memperhatikan kondisi kulit bayi. Popok bayi disposable ini dapat menyebabkan ruam pada kulit bayi baru lahir. Untuk jelasnya dapat baca disini.


Perlengkapan bayi baru lahir berupa popok bayi kain memerlukan perhatian khusus pada pencuciannya.  
•    Cucilah popok bayi kain sebelum digunakan dengan menggunakan deterjen khusus, dan keringkan dengan panas matahari.
•    Jika popok bayi kain kotor, bersihkan dulu baru kemudian merendamnya dalam air hangat.
•    Pastikan untuk membersihkan ember yang digunakan untuk mencuci agar tidak terjadi penumpukan bakteri yang dapat mengganggu    kulit bayi baru lahir.
•    Cloth diaper tidak boleh disterika, menggunakan pemutih dan pelembut Karena dapat mengurangi daya serapnya.

Mungkin untuk sebagian calon orang tua tentu belum terbiasa menggunakan popok kain bayi.  Ada sedikit teknik yang perlu dipelajari, yaitu dengan menidurkan boneka diatas popok kain persegi panjang kemudian lipat kain lain untuk mengikatnya. Untuk jelasnya dapat lihat gambar dibawah ini:



Untuk memudahkan penggunaa popok kain bayi, banyak dipasaran yang menjual popok kain bayi berbentuk celana, yang biasa disebut cloth diaper.  Dibandingkan dengan popok kain bayi model konvensional dengan model terbaru, lebih mudah pada saat pengancingannya. Model konvensional masih menggunakan ikatan atau peniti, yang beresiko tertusuk bayi, sedangkan model cloth diaper saat ini terdapat pengancingnya sehingga lebih mudah dan lebih aman.


Perlengkapan Bayi baru lahir: Tipe – tipe cloth diaper

Cloth diaper dalam perkembangannya memiliki beberapa tipe yang dapat dibedakan dari bentuknya, antara lain:

1. All in one diaper.
Cloth diaper tipe ini seperti popok bayi disposable, berupa celana yang memilki bahan khusus yang dapat menyerap pipis bayi. Lapisan penyerap pipis bayi ini menyatu dengan celana  bayi, sehingga lebih praktis tanpa harus membawa lapisannya. Kekuranganya adalah popok kain ini menjadi lebih lama dalam pengeringannya karena bahan popok kain tebal.
2. All in two diaper
Cloth diaper jenis ini memiliki 2 bagian yang terpisah, yaitu celana dan bahan penyerap pipisnya. Lapisan penyerap pipis ini diletakkan diatas celana diaper, baru kemudian dikancingkan ke tubuh bayi.  Cloth diaper jenis all in two diaper memiliki keunggulan dalam pencucian, menjadi lebih cepat kering dan lebih hemat karena hanya perlu lebih banyak membeli lapisan penyerap pipisnya saja.
3. Pocket diaper
Cloth diaper jenis ini hampir mirip dengan all in two diaper, berupa celana dengan bahan penyerap pipis, bedanya adalah di dalam celana terdapat kantong untuk menyelipkan lapisan penyerap pipisnya. Pocket diaper ini memiliki keunggulan lebih dibanding kedua tipe diatas dan dianggap merupakan terobosan yang sangat ditunggu, karena dengan menggunakan system kantong, ibu dapat menyelipkan lebih banyak lapisan penyerap pipis tanpa terlihat menggelembung.

Membeli perlengkapan bayi baru lahir tidak lepas dari kualitas bahan pembuatnya, dan kualitas material sangat berpengaruh pada kenyamanan bayi saat memakainya, untuk itu kenali bahan material dari popok bayi, berikut ini:

•    PUL yang merupakan kepanjangan dari POLYURETHANE LAMINATE adalah kombinasi katun dan polyster. Bahan ini memberikan rasa nyaman bagi bayi baru lahir, dan tidak menimbulkan panas.
•    MICROFLEECE merupakan material sintetis dengan kadar 100% polyester biasanya digunakan pada lapisan diaper. Walaupun berbahan sintesis,  bahan ini memiliki kelembutan dan kemampuan serap yang cukup tinggi sehingga bayi tetap merasa nyaman walapun baru pipis, selain itu kelebihan lainnya adalah mudah dicuci, cepat kering, dan tahan noda.
•    MICROFIBER merupakan bahan yang mirip seperti bahan yang biasa digunakan untuk membuat handuk mandi. Dengan harga yang lebih murah, bahan ini tetap mempunyai daya serapan yang bagus. Akan tetapi tidak disarankan untuk memakainya seharian, karena daya serap yang tinggi akan membuat kulit bayi menjadi kering.
•    BAMBOO, sesuai dengan namanya, bahan ini terbuat dari tanaman bamboo dan banyak dijadikan bahan pembuatan Cloth diapers. Bahan yang memiliki kelembutan lebih tinggi yang mampu menyerap lebih banyak cairan dibandingkan microfiber dan memiliki sifat anti bakteri. Karena berasal dari alam, cloth diaper tipe ini memerlukan pencucian awal berulang sebelum digunakan untuk memastikan memaksimalkan daya serapnya.
•    HEMP, terbuat dari kayu jenis hemp. Kelebihan bahan ini adalah pada saat pemakaian lama, popok kain terbuat dari jenis ini akan semakin lembut dan semakin nyaman dipakai, selain itu juga memiliki daya serap yang lebih tinggi dibanding microfiber dan memiliki sifat anti-bakteri alami lebih tinggi, dan cocok untuk pemakaian di cuaca dingin atau panas. Dengan bahan material kayu hemp, popok kain bayi darus dilakukan pencucian ulang beberapa kali untunk menghilangkan minyak yang terkandung dalam bahan material, selain itu membutuhkan pengeringan yang lebih lama dan  harga yang jauh lebih mahal.

Selamat berbelanja popok bayi







Baca juga
  » 24 September 2013
RESI PENGIRIMAN
Thank U for my lovely customer, We'll wait for ur comeback :)

  » 16 April 2013
Bedong Bayi
Mitos mengenai bedong bayi ini pun banyak berkembang di antara ibu-ibu yang melahirkan jaman sekarang. Bahkan banyak ibu muda yang meninggalkan bedong bayi ini. Berikut ini adalah fakta yang dikumpulkan mengenai bedong bayi.

  » 19 Maret 2013
Bahasa Bayi
Bahasa bayi adalah alat komunikasi yang digunakan bayi melalui ekspresi wajah, lidah dan mata untuk memberitahukan kepada ibunya melalui apa yang dirasa.

  » 6 Maret 2013
Teether
Teether dapat merangsang pertumbuhan gigi dan juga merangsang kemampuan motorik halus bayi seperti kemampuan bicara bayi.

  » 18 Februari 2013
Dot Bayi
Pro dan kontra penggunaan dot bayi yang dapat memberikan ketenangan tidur bayi tetapi juga dapat berakibat pada kemampuan verbal bayi.